Sejarah Pasopati

Smk Negeri 1 Nganjuk memiliki sebuah ekstrakulikuler ke-paskibra-an yang diberi nama “PASOPATI”(pasukan pengibar bendera smkn 1 nganjuk). Ekskul ini resmi didirikan oleh sekolah pada tanggal 7 april 2008. Adapun pendirian ekskul ini tidaklah mudah, dikarenakan banyaknya kecaman dan asumsi negatif dari pihak siswa maupun pihak lain yang notabene menganggap pembentukan ekskul ini hanya akan berjalan sia-sia belaka. Namun, organisasi ini tetap sengaja didirikan agar diharapkan dapat mendidik siswa-siswi smkn 1 nganjuk supaya memiliki nilai-nilai kepemimpinan, berbangsa dan bernegara yang kokoh. Semoga kelak dapat berguna di masyarakat/kehidupan sehari-hari. Pendirian ekskul ini diawali dengan pembentukan perintis dengan cara diadakanya rapat oleh para pelopor (*instruktur),perwakilan dari OSIS, MPK, dan siswa yang berminat mengikuti rapat pembentukan/pendirian ekskul paskibra.

Nama “Pasopati” sendiri diambil dari salah satu cerita pewayangan yang merupakan sebuah senjata panah milik arjuna bernama pasopati. Alkisah panah pasopati digunakan oleh Arjuna dalam memerangi musuh-musuhnya dalam pertempuran barata yudha. Maka, ekskul ini diharapkan juga dapat memerangi musuh-musuhnya yaitu(*perkembangan jaman yang semakin mengesampingkan nilai-nilai berbangsa dan bernegara) layaknya  panah pasopati milik Arjuna.

Ekskul ini selalu mengedepankan sifat-sifat demokratis,kekeluargaan yang memimpin. dengan struktur organisasi yang dibuat dengan sedemikian rupa agar kita tidak melupakan segala budaya dan nilai-nilai persatuan yang ada dalam bangsa kita. ekskul paskibra (pasopati) mengutip semboyan negara kita yaitu “Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa” yang artinya “Terpecah belahlah itu, tetapi satu jualah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran”. Semoga rasa persatuan yang dimiliki oleh seluruh anggota pasopati sama seperti semboyan negara kita. Pasopati sendiri juga memiliki spirit yaitu Kibarkan benderamu, kobarkan semangatmu, kuburkan rasa takutmu, demi jaya Indonesia. yang kedepannya diharapkan mampu menjunjung tinggi nama baik negara.